WAKTU BERJALAN CEPAT

Waktu berjalan begitu cepat, tak terasa saya sudah semester 4 menjadi mahasiswi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Di semester 4 ini merupakan semester yang sangat berbeda dari semester sebelumnya. Karena di semester 4 ini Indonesia sedang mengalami musibah, yaitu adanya wabah virus covid 19. Tidak hanya Di Indonesia melainkan diseluruh dunia pun mengalami wabah tersebut. Untuk Pencegahan dan Antisipasi Pandemi Virus Covid 19 maka sistem perkuliahan dilakukan dengan jarak jauh atau online.

Di semester 4 ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka mengadakan kegiatan pengabdian kepada  masyarakat yang diwajibkan untuk mahasiswa. Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini membuat hati saya tergerak untuk bersimpati dan berbagi kepada sesama. Dalam kegiatan ini salah satu masyarakat yang diberikan bantuan oleh kelompok kami bernama Bu Mini.

Bu Mini adalah seorang pedagang kue keliling di daerah Susukan yang terletak di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Beliau tinggal disebuah rumah sederhana yang hanya 1 petak bersama suami. Bu mini memiliki satu orang anak, tetapi sang anak tidak tinggal bersama bu mini dan suami karena sang anak memilih untuk bersekolah di Kota Semarang.

Ibu satu anak ini tak ingin nasib anaknya sama seperti beliau yang hanya menempuh pendidikan sampai tingkat Sekolah Dasar. Beliau menjalanai rutinitas, mulai jam 02.00 pagi sudah bangun untuk membuat kue – kue seperti donat, lopis, pastel, gemblong dan aneka gorengan lainnya. Aneka gorengan dan kue beliau jual dengan harga Rp 1.000 – 2.000 per buah.

Minggu, 02 Agustus 2020 saya bersama dengan 2 orang teman saya tiba di rumah bu mini. Kami menemani bu mini untuk membantu  berjualan kue keliling dari rumah ke rumah. Kami membantu bu mini berjualan kue mulai pukul 07.00. Kami bersama bu mini berjalan kaki menyusuri rumah warga satu demi satu untuk meghabiskan kue dan gorengan yang dijual oleh bu mini. Waktu menunjukan pukul 09.00, tak terasa 2 jam kami menemani bu mini berjualan. Karena kue dan gorengannya sudah habis, maka kami dan bu mini pulang ke rumah.

Kemudian setelah saya dan teman saya tiba dirumah bu mini. Saya bertanya tanya kepada bu mini.

“Bu suka duka ibu selama menjadi pedangang kue keliling itu apa. “Beliau pun bercerita.

Beliau sedih, karena jika dagangan lagi sepi biasanya  kue yang dijual tidak semuanya terjual habis, beliau sudah mencoba berjalan jauh  menyusuri satu demi satu rumah warga tetapi tidak ada yang membelinya. Dan jika dagangan  sepi beliau  hanya mendapatkan uang Rp. 150.000, sedangkan modal beliau untuk berdagang kue dan gorengan Rp. 300.000

Minggu, 09 Agustus 2020 kelompok pengabdian masyarakat yang kami beri nama kelompok magetusa bersama dosen pembimbing kelompok kami tiba dirumah Bp. Ketua Rt di daerah Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Disiang hari dengan terik matahari yang lumayan panas kelompok magetusa melakukan  operasi semut. Walaupun terik matahari yang lumayan panas tetapi kelompok kami bersemangat untuk membersihkan sampah – sampah yang berserakan disekitar taman. Setelah operasi semut selesai, kelompok kami melakukan desinfektan, Menyemprotkan desinfektan ke setiap sudut rumah sampai ke masjid.

Kemudiaan setelah penyemprotan desinfektan selesai, kelompok magetusa bersama dosen pembimbing kami memberikan bantuan kepada bu mini. Berupa satu unit  sepeda, sembako, uang dan souvenir kepada keluarga bu mini.  Yang  bertujuan ntuk membantu meringankan beliau. Beliau merasa senang dan berterima kasih kepada kelompok magetusa dan dosen pembimbing kami.

Kegitan pengabdian kepada masyarakat ini  memberikan  pelajaran yang sangat berarti untuk saya pribadi, yaitu mengingatkan saya untuk selalu menanamkan artinrasa bersyukur dan untuk melatih kepeekaan social mahasiswa.

About tohirin

Check Also

Sinar Muhammadiyah

Abdul Aziz Hasyim Karakteristik Daerah Lokasi pengabdian saya di pelosok Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *